Belajar Python Dasar untuk Koding & Kecerdasan Artifisial (KKA)

Belajar Python di Thonny

1. Apa itu / Pengenalan Thonny

Thonny adalah IDE (Integrated Development Environment) yaitu aplikasi untuk menulis, menjalankan, dan mempelajari bahasa Python. Thonny.org salah satu tools yang cocok untuk pemula.

Kelebihan Thonny:

  • Ringan.
  • Bisa dipakai offline tanpa internet.
  • Tampilan sederhana yakni terdapat editor (atas) untuk menulis kode, dan shell/output (bawah) untuk melihat hasil.

Bagian utama Thonny:

  • Editor → area tempat kita menulis kode Python.
  • Shell → area di bawah editor, untuk menampilkan hasil kode (output) atau error.

2. Instalasi Thonny

  1. Unduh Thonny (versi Windows 7/8.1/10/11 32/64-bit) / installer Thonny (khusus untuk windows 7.8/8 kebawah memakai versi 4.1.7, 32-bit).
  2. Jalankan file installer (.exe).
  3. Klik Next sampai selesai mengikuti petunjuk instalasi.
  4. Buka Thonny → akan terlihat editor kode tempat menulis program terlihat dan shell/output di bawah (tempat hasil muncul).

3. Menjalankan Kode Python

  • Editor: tempat menulis kode.
  • Shell/output: menampilkan hasil.
  • Run (F5): untuk menjalankan program.
  • File disimpan dengan ekstensi .py, misalnya latihan1.py.

4. Dasar Pemrograman Python

4.1 Input dan Output

Contoh kode:


nama = input("Masukkan nama Anda: ")
print("Halo", nama)
  

Penjelasan:

  • nama → variabel (wadah untuk menyimpan data).
  • = → operator assignment (memberikan nilai ke variabel).
  • input("Masukkan nama Anda: ") → meminta pengguna mengetik sesuatu.
    • input(): fungsi untuk menerima data dari pengguna
    • Teks "Masukkan nama Anda: " adalah pesan perintah untuk pengguna, jadi agar pengguna tau apa yang harus diketik.
    • Nilai yang dimasukkan user akan masuk ke variabel, jadi kita bisa memasukan nama asli atau teks apa aja.
  • print("Halo", nama) → menampilkan tulisan "Halo" + isi variabel nama.
  • "halo": string (teks).
  • namaisi variabel yang diketik oleh pengguna

Hasil contoh:

Masukkan nama Anda: Faisal
Halo Faisal
  

4.2 Tipe Data (int, float, str, list)

Python memiliki beberapa tipe data dasar:

  1. int → bilangan bulat (integer).

    Contoh: 10, -5, 1000. Digunakan untuk perhitungan bilangan bulat.

    
    umur = int(input("Masukkan umur: "))
    print("Umur anda:", umur)
          
    int() mengubah input teks menjadi angka bulat.
  2. float → bilangan pecahan (desimal).

    Contoh: 3.14, 2.5

    
    pi = 3.14
    print("Nilai pi:", pi)
          
  3. str → teks (string).

    Ditulis dengan tanda kutip "..."atau'...'

    
    kata = "Belajar Python"
    print(kata)
          
  4. list → kumpulan data dalam satu variabel.

    dirulis dengan tanda kurung[]

    
    buah = ["apel", "jeruk", "pisang"]
    print(buah[0])  # menampilkan 'apel'
          

4.3 Percabangan (if ... else)


angka = int(input("Masukkan angka: "))

if angka % 2 == 0:
    print(angka, "adalah bilangan genap")
else:
    print(angka, "adalah bilangan ganjil")
  

Penjelasan:

  • if → digunakan untuk membuat keputusan.
  • else → dijalankan jika kondisi if salah.
  • % → operator modulus yaitu mencari (sisa bagi).
    1. - angka % 2 == 0 artinya jika angka habis dibagi 2 maka genap
      - Jika tidak maka ganjil
  • == → operator perbandingan.

4.4 Perulangan (for ... range)


for i in range(1, 6):
    print("Angka ke-", i)
  

Penjelasan

  • for → digunakan untuk membuat perulangan.
  • i → variabel perulangan, nilainya berubah setiap putaran.
  • range(1, 6) → menghasilkan angka 1 sampai 5.
  • in → artinya didalam
  • print("Angka ke-1", i) → mencetak angka sesuai putaran.

Hasil:

Angka ke- 1
Angka ke- 2
Angka ke- 3
Angka ke- 4
Angka ke- 5
  

4.5 List dan Iterasi


buah = ["apel", "jeruk", "pisang"]

for b in buah:
    print("Nama buah:", b)
  
  • buah → variabel list yang berisi tiga item.
  • for b in buah → mengambil setiap item dalam list satu persatu/perulangan untuk setiap item dalam list.
  • b → variabel sementara yang mewakili item.

4.6 Fungsi (def, return, parameter)


def luas_persegi_panjang(p, l):
    return p * l

p = int(input("Masukkan panjang: "))
l = int(input("Masukkan lebar: "))

print("Luas persegi panjang:", luas_persegi_panjang(p, l))
  

Penjelasan:

  • def → membuat fungsi baru.
  • luas_persegi_panjang → nama fungsi.
  • (p, l) → parameter (nilai yang dimasukan ke fungsi).
  • return → hasil yang dikembalikan fungsi.
  • p → panjang.
  • l → lebar.

4.7 Modul (import, random, randint)


import random

angka = random.randint(1, 10)
print("Angka acak:", angka)
  
  • import → mengambil modul/library tambahan.
  • random → modul untuk membuat angka acak.
  • randint(1, 10) → memilih angka acak dari 1 sampai 10.

5. Proyek Mini (Tebak Angka)


import random

angka_rahasia = random.randint(1, 10)
tebakan = int(input("Tebak angka antara 1-10: "))

if tebakan == angka_rahasia:
    print("Selamat! Tebakanmu benar.")
else:
    print("Salah! Angka yang benar adalah", angka_rahasia)
  

Penjelasan mendalam:

  • angka_rahasia → variabel untuk menyimpan angka acak yang dipilih komputer.
  • tebakan → input dari pengguna.
  • if tebakan == angka_rahasia: → memeriksa tebakan benar atau salah.
  • == → operator perbandingan (aoakah sama?).
  • Jika benar maka tampil "selamat", jika salah maka tampil angka rahasia.

Hasil contoh:

Tebak angka antara 1-10: 7
Salah! Angka yang benar adalah 3
  

6. Kesimpulan

  • Shell → area hasil/output.
  • Variabel → tempat menyimpan data.
  • Operator assignment (=) → memberikan nilai.
  • int, float, str, list → tipe data dasar.
  • if, else, %, == → membuat keputusan.
  • for, in, range → perulangan.
  • def, return, parameter → membuat fungsi.
  • import, random, randint → menggunakan modul/library.
  • Proyek mini: Tebak Angka untuk memahami logika interaktif.

Post a Comment

0 Comments