Belajar Python di Thonny
1. Apa itu / Pengenalan Thonny
Thonny adalah IDE (Integrated Development Environment) yaitu aplikasi untuk menulis, menjalankan, dan mempelajari bahasa Python. Thonny.org salah satu tools yang cocok untuk pemula.
Kelebihan Thonny:
- Ringan.
- Bisa dipakai offline tanpa internet.
- Tampilan sederhana yakni terdapat editor (atas) untuk menulis kode, dan shell/output (bawah) untuk melihat hasil.
Bagian utama Thonny:
- Editor → area tempat kita menulis kode Python.
- Shell → area di bawah editor, untuk menampilkan hasil kode (output) atau error.
2. Instalasi Thonny
- Unduh Thonny (versi Windows 7/8.1/10/11 32/64-bit) / installer Thonny (khusus untuk windows 7.8/8 kebawah memakai versi 4.1.7, 32-bit).
- Jalankan file installer (.exe).
- Klik
Nextsampai selesai mengikuti petunjuk instalasi. - Buka Thonny → akan terlihat editor kode tempat menulis program terlihat dan shell/output di bawah (tempat hasil muncul).
3. Menjalankan Kode Python
- Editor: tempat menulis kode.
- Shell/output: menampilkan hasil.
- Run (F5): untuk menjalankan program.
- File disimpan dengan ekstensi
.py, misalnyalatihan1.py.
4. Dasar Pemrograman Python
4.1 Input dan Output
Contoh kode:
nama = input("Masukkan nama Anda: ")
print("Halo", nama)
Penjelasan:
nama→ variabel (wadah untuk menyimpan data).=→ operator assignment (memberikan nilai ke variabel).input("Masukkan nama Anda: ")→ meminta pengguna mengetik sesuatu.input(): fungsi untuk menerima data dari pengguna- Teks "Masukkan nama Anda: " adalah pesan perintah untuk pengguna, jadi agar pengguna tau apa yang harus diketik.
- Nilai yang dimasukkan user akan masuk ke variabel, jadi kita bisa memasukan nama asli atau teks apa aja.
print("Halo", nama)→ menampilkan tulisan "Halo" + isi variabelnama."halo": string (teks).namaisi variabel yang diketik oleh pengguna
Hasil contoh:
Masukkan nama Anda: Faisal Halo Faisal
4.2 Tipe Data (int, float, str, list)
Python memiliki beberapa tipe data dasar:
- int → bilangan bulat (integer).
Contoh:
10,-5,1000. Digunakan untuk perhitungan bilangan bulat.umur = int(input("Masukkan umur: ")) print("Umur anda:", umur)int()mengubah input teks menjadi angka bulat. - float → bilangan pecahan (desimal).
Contoh: 3.14, 2.5
pi = 3.14 print("Nilai pi:", pi) - str → teks (string).
Ditulis dengan tanda kutip
"..."atau'...'kata = "Belajar Python" print(kata) - list → kumpulan data dalam satu variabel.
dirulis dengan tanda kurung
[]buah = ["apel", "jeruk", "pisang"] print(buah[0]) # menampilkan 'apel'
4.3 Percabangan (if ... else)
angka = int(input("Masukkan angka: "))
if angka % 2 == 0:
print(angka, "adalah bilangan genap")
else:
print(angka, "adalah bilangan ganjil")
Penjelasan:
if→ digunakan untuk membuat keputusan.else→ dijalankan jika kondisiifsalah.%→ operator modulus yaitu mencari (sisa bagi).==→ operator perbandingan.
- -
angka % 2 == 0 artinya jika angka habis dibagi 2 maka genap- - Jika tidak maka ganjil
4.4 Perulangan (for ... range)
for i in range(1, 6):
print("Angka ke-", i)
Penjelasan
for→ digunakan untuk membuat perulangan.i→ variabel perulangan, nilainya berubah setiap putaran.range(1, 6)→ menghasilkan angka 1 sampai 5.in→ artinya didalamprint("Angka ke-1", i)→ mencetak angka sesuai putaran.
Hasil:
Angka ke- 1 Angka ke- 2 Angka ke- 3 Angka ke- 4 Angka ke- 5
4.5 List dan Iterasi
buah = ["apel", "jeruk", "pisang"]
for b in buah:
print("Nama buah:", b)
buah→ variabel list yang berisi tiga item.for b in buah→ mengambil setiap item dalam list satu persatu/perulangan untuk setiap item dalam list.b→ variabel sementara yang mewakili item.
4.6 Fungsi (def, return, parameter)
def luas_persegi_panjang(p, l):
return p * l
p = int(input("Masukkan panjang: "))
l = int(input("Masukkan lebar: "))
print("Luas persegi panjang:", luas_persegi_panjang(p, l))
Penjelasan:
def→ membuat fungsi baru.luas_persegi_panjang→ nama fungsi.(p, l)→ parameter (nilai yang dimasukan ke fungsi).return→ hasil yang dikembalikan fungsi.p→ panjang.l→ lebar.
4.7 Modul (import, random, randint)
import random
angka = random.randint(1, 10)
print("Angka acak:", angka)
import→ mengambil modul/library tambahan.random→ modul untuk membuat angka acak.randint(1, 10)→ memilih angka acak dari 1 sampai 10.
5. Proyek Mini (Tebak Angka)
import random
angka_rahasia = random.randint(1, 10)
tebakan = int(input("Tebak angka antara 1-10: "))
if tebakan == angka_rahasia:
print("Selamat! Tebakanmu benar.")
else:
print("Salah! Angka yang benar adalah", angka_rahasia)
Penjelasan mendalam:
angka_rahasia→ variabel untuk menyimpan angka acak yang dipilih komputer.tebakan→ input dari pengguna.if tebakan == angka_rahasia:→ memeriksa tebakan benar atau salah.==→ operator perbandingan (aoakah sama?).- Jika benar maka tampil "selamat", jika salah maka tampil angka rahasia.
Hasil contoh:
Tebak angka antara 1-10: 7 Salah! Angka yang benar adalah 3
6. Kesimpulan
- Shell → area hasil/output.
- Variabel → tempat menyimpan data.
- Operator assignment (=) → memberikan nilai.
- int, float, str, list → tipe data dasar.
- if, else, %, == → membuat keputusan.
- for, in, range → perulangan.
- def, return, parameter → membuat fungsi.
- import, random, randint → menggunakan modul/library.
- Proyek mini: Tebak Angka untuk memahami logika interaktif.

0 Comments